Pasang Iklan Murah Meriah
Pasang Iklan Murah Meriah
Pasang Iklan Murah Meriah Pasang Iklan Murah Meriah Pasang Iklan Murah Meriah Pasang Iklan Murah Meriah
  • Pasang Iklan Murah Meriah
  • Pasang Iklan Murah Meriah
  • Pasang Iklan Murah Meriah
  • Pasang Iklan Murah Meriah
  • Pasang Iklan Murah Meriah
  • Pasang Iklan Murah Meriah
  • Pasang Iklan Murah Meriah
  • Pasang Iklan Murah Meriah

Popular Post

Popular Posts

Posted by : Admin Aditmadzs - ᴰᴶAdityA Minggu, 13 Juli 2014

tidur mendengkur | gambar mendengkurTidur Mendengkur – Sebagian orang sering mendengkur ketika sedang tidur. Volume dan frekuensi dengkuran seseorang bisa menunjukkan apakah dia mempunyai gangguan tidur yang mengancam nyawa atau tidak, seperti apnea tidur obstruktif (Obstructive sleep apnea – OSA). Gangguan tidur ini berpotensi menghentikan pernapasan atau membuat pernapasan anda menjadi dangkal.
Dengkuran yang keras adalah gejala paling umum dari apnea tidur obstruktif yang terjadi pada banyak orang dengan kondisi ini. Beberapa penderita tidak menyadari bahwa mereka mendengkur karena mereka jarang terbangun oleh suara dengkurannya sendiri. Gangguan tidur terjadi pada pasien yang mengalami keterbatasan pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuhnya ketika dia tidur.

Beberapa alasan mengapa seseorang tidur mendengkur

Mendengkur didorong oleh menyempitnya saluran udara, baik di tenggorokan atau lubang hidung yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk dalam tubuh. Sebenarnya, suara dengkuran disebabkan oleh getaran yang dibuat oleh udara karena ‘usahanya’ untuk bisa masuk ke dalam tubuh melalui langit-langit mulut, uvula, lidah, tonsil, dan/atau otot-otot yang ada di tenggorokan, ujar Dr. Joseph Mercola, dokter dan ahli bedah berlisensi. Jika udara yang anda hirup tidak dapat bergerak bebas melalui hidung dan mulut saat anda tidur, maka kemungkinan besar anda akan mendengkur.
Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk menjadi pendengkur dan beberapa diantaranya adalah :
  1. Umur
    Seiring bertambahnya umur yang semakin tua, tenggorokan akan menjadi sempit dan kekencangan otot di tenggorokan akan menurun.
  2. Kondisi Tubuh Tertentu
    Pria memiliki saluran udara yang sempit dibandingkan dengan wanita, jadi kemungkinannya pria lebih mungkin mendengkur. Tenggorokan yang sempit, langit-langit mulut yang terbelah, kelenjar gondok yang membesar, dan atribut-atribut fisik lainnya juga menjadi faktor mengapa seseorang mendengkur, dan hal ini sifatnya bisa diturunkan.
  3. Masalah hidung dan sinus
    Udara yang terhalang masuk akibat permasalahan pada hidung dapat membuat proses pernapasan menjadi lebih sulit sehingga menyebabkan seseorang tidur mendengkur.
  4. Kelebihan berat badan
    Jaringan lemak pada tubuh dan otot yang lemah berkontribusi menyebabkan dengkuran.
  5. Gaya hidup tidak sehat
    Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol dan merokok dapat meningkatkan relaksasi otot yang mendorong anda untuk lebih mudah mendengkur. Hal ini juga berlaku pada pengonsumsian obat-obatan tertentu.
  6. Posisi tidur
    Tidur telentang menyebabkan daging tenggorokan anda menjadi rileks dan terblokirnya saluran udara, sehingga dapat menyebabkan anda tidur mendengkur.

Menemukan solusi yang tepat agar bisa berhenti mendengkur

Ada begitu banyak piranti atau alat-alat di pasaran yang mengklaim bisa mengatasi masalah dengkuran yang anda alami. Sayangnya, banyak diantaranya masih belum terbukti keampuhannya. Sedangkan para ahli lebih menekankan ke ‘teknik-teknik’ tertentu yang telah terbukti keefektifannya, walaupun hasilnya berbeda pada setiap orang, tergantung usaha dan gaya hidupnya.
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui penyebab mengapa anda tidur mendengkur. Catat pola tidur anda, bisa meminta bantuan anggota keluarga atau menggunakan rekaman visual ketika anda sedang tidur. Hal ini agar bisa diketahui pola dengkuran yang anda alami. Dengan mengetahui pola dengkuran anda, hal tersebut bisa memperjelas penyebab mengapa anda sering mendengkur saat tidur, apa yang membuatnya bertambah parah, dan ini semakin mempermudah penanganan yang akan dilakukan.

Mengetahui pola dengkuran

Sangat penting untuk mengetahui pola tidur dan dengkuran anda. Posisi tidur akan mengungkapkan lebih banyak hal, termasuk menjawab pertanyaan mengapa anda bisa mendengkur ketika tidur.
  • Mendengkur dengan mulut tertutup : Menunjukkan adanya masalah dengan lidah anda.
  • Mendengkur dengan mulut terbuka : Menunjukkan adanya masalah dengan jaringan di tenggorakan anda.
  • Mendengkur saat tidur telentang : Hal ini dinilai ringan, cukup mengubah kebiasaan tidur dan gaya hidup yang lebih baik.
  • Mendengkur di semua posisi tidur : Menunjukkan dengkuran anda lebih parah dan membutuhkan penanganan yang lebih komperehensif.

Penanganan mandiri

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan sendiri agar anda bisa berhenti mendengkur. Usaha-usaha yang bisa dilakukan termasuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat.
Menurunkan berat badan
Menurunnya berat badan walaupun hanya sedikit bisa mengurangi jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan dan mengurangi atau bahkan bisa membuat anda berhenti mendengkur. Anda bisa melakukannya dengan program diet ataupun olahraga.
Olahraga
Selain bisa menurunkan berat badan, olahraga akan bermanfaat positif bagi bagian tubuh anda seperti lengan, kaki, dan perut, serta juga membantu mengencangkan otot di tenggorokan anda yang pada akhirnya akan mengatasi masalah dengkuran anda.
Berhenti merokok
Jika anda seorang merokok, peluang anda untuk mendengkur lebih tinggi. Merokok dapat menyebabkan penyempitan saluran udara akibat adanya iritasi selaput di hidung dan tenggorokan. Oleh sebab itu, segeralah berhenti merokok.
Hindari Alkohol
Mengonsumsi alkohol, obat tidur, dan obat penenang bisa mengendurkan otot-otot di tenggorokan dan mengganggu pernapasan. Khusus bagi anda yang memang membutuhkan obat tidur dan penenang, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter anda. Hal ini karena ada beberapa jenis obat tidur atau penenang yang bisa membuat anda mendengkur lebih parah.
Tetapkan pola tidur yang teratur
Tetapkan jam tidur anda, serta pastikan anda mendapatkan durasi waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik. Jika tidur anda berkualitas, hal itu bisa meminimalkan risiko anda untuk mendengkur.
Hindari kafein dan makanan berat sebelum tidur
Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman berat dan berkafein dua jam sebelum waktu tidur. Produk susu dan susu kedelai termasuk yang sebaiknya tidak anda konsumsi tepat sebelum tidur.
Menjaga udara kamar tidur tetap lembab
Jagalah kamar tidur anda dalam keadaan lembab, anda bisa menggunakan humidifier(alat pelembab udara). Udara yang kering bisa mengiritasi selaput di hidung dan tenggorokan, yang akan memperbesar peluang anda untuk tidur dengan mendengkur.
Pastikan agar hidung tidak tersumbat
Hidung tersumbat bisa membuat proses penghirupan udara akan lebih sulit sehingga membuat tenggorokan anda mengalami kekosongan akibat tidak adanya udara. Hal ini pada akhirnya membuat anda tidur mendengkur. Untuk mengatasi hidung tersumbat, anda bisa menghirup uap air panas atau minyak kayu putih, minum jeruk nipis hangat, berkumur dengan air garam, dan lain sebagainya.
Tidur menyamping
Hindari tidur telentang, karena hal tersebut akan membuat lidah dan jaringan lunak di mulut semakin menuju ke dalam, serta akan menyumbat aliran udara yang ingin masuk dan pada akhirnya menyebabkan anda tidur dalam keadaan mendengkur.
Atur posisi kepala lebih tinggi
Memposisikan kepala anda lebih tinggi dari badan beberapa inci dapat mempermudah pernapasan anda dan mendorong lidah serta rahang untuk bergerak ke depan. Maka dari itu, gunakanlah bantal ketika tidur. Di pasaran, sudah banyak tersedia bantal khusus yang dapat mencegah anda tidur dalam keadaan mendengkur dan memastikan otot leher anda tidak mengkerut.
Latihan tenggorokan
Bisa anda terapkan selama 30 menit setiap hari, latihan tenggorokan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi atau menghentikan dengkuran. Ucapkan suara vokal tertentu seperti (a-i-u-e-o) berulang kali agar dapat memperkuat otot-otot di saluran pernapasan bagian atas. Hal ini akan mengurangi dengkuran anda. Selain itu ada beberapa tips lain yang bisa anda terapkan seperti :
  • Tempatkan ujung lidah anda di belakang gigi depan-atas anda. Kemudian geser lidah anda ke belakang (mundur). Lakukan selama 3 menit sehari.
  • Tutup mulut anda kemudian kerutkan bibir anda. Tahan selama 30 detik.
  • Buka mulut anda dan gerakkan rahang anda ke sebelah kanan. Tahan selama 30 detik kemudian ganti gerakkan rahang ke sebelah kiri.
  • Dengan mulut terbuka, kontraksikan otot di bagian belakang tenggorokan anda berulang kali selama 30 detik. Tip : Lihatlah di cermin untuk mengetahui uvula (“bola menggantung di tenggorokan”) bergerak naik dan turun.
Demikianlah info singkat tentang tidur mendengkur. Hubungi dokter lebih lanjut apabila kondisi anda dirasa sudah parah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Kesehatan | source : Helpguide.org | image : stopsnoringaidsnow.com

{ 85 komentar... read them below or Comment }

  1. terimakasih untuk semua informasinya, semoga makin sukses dan makin maju websitenya...

    BalasHapus
  2. nice info gan terimakasih telah memberi ijin untuk berkomentar

    BalasHapus
  3. terimakasih sudah berbagi info yg bagus ini gan

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak atas pengetahuan yang anda berikan, kami jadi semakin luas pengetahuannya karena berkat informasi yang anda berikan... terimakasih

    BalasHapus
  5. mantap dan keren banget nih gan, sungguh luar biasa

    BalasHapus
  6. Info mantab sob, ditunggu yang lebih mantab lagi sob !!!

    BalasHapus
  7. informasi hari ini yang saya baca sangat mantap sekali. terimakasih banyak sob ..

    BalasHapus
  8. terima kasih telah berbagi berita yang telah anda berikan.

    BalasHapus
  9. banyak informasi yang menarik yang kami dapat dari web site yg keren ini,terima kasih ka' admin ..

    BalasHapus
  10. Website yang bagus, sebelumnya izin berkunjung nih, semoga semakin sukses dan jaya.

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas informasinya. semoga informasinya bisa bermanfaat bagi para pembaca. sukses !!!

    BalasHapus
  12. Informasinya sangat menarik sekali untuk di simak nih,
    terimakasih sob !

    BalasHapus
  13. informasinya sangat bermanfaat, semoga menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita semua ...

    BalasHapus
  14. postingan yg sangat menarik, sangat menyenangkan berkunjung ke situs ini

    BalasHapus
  15. Websitenya bagus, postinganya juga menarik.
    Semoga bermanfaat sekali bagi pengunjungnya ..

    BalasHapus
  16. sangat menarik dan penuh hal hal baru
    lanjutkan gan memposting yang lainnya , ditunggu

    BalasHapus
  17. siang bos, makasih untuk postingan artikelnya, menarik sekali !!

    BalasHapus
  18. Info yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat sekali, saya tunggu info selanjutnya yah ..

    BalasHapus
  19. terima kasih artikelnya yang luar biasa ini ..
    sering-sering mas kasih baritanya untuk kebaikan situsnya juga...

    BalasHapus
  20. mantap dan bagus buat disimak informasinya. .

    BalasHapus
  21. met siang.
    beritanya memang bagus dan manfaat buat saya. :D

    BalasHapus
  22. mantap bos artikenya, sungguh ane tak tahan ingin mengucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  23. setelah membaca arikel did alam nya ternyata sangat keren dan bagus bagus sekali makasih yah :)

    BalasHapus
  24. informasi nya bermanfaat gan,di tunggu info yg lainya thanks.

    BalasHapus
  25. met sore.
    salam sukses pa
    beritanya bagus ....
    makasih ..

    BalasHapus
  26. terimakasih gan telah memberikan info info yang bermanfaat ..

    BalasHapus
  27. kunjungan sore dapat info keren dari website ini ..

    BalasHapus
  28. luar biasa sekali infonya sangat bagus dan bermanfaa infonya ..

    BalasHapus
  29. thanks banget informasinya gan, semoga bermanfaat bagi semua ..

    BalasHapus
  30. Selamat siang ..
    Semoga website anda banyak pengunjungnya
    Terimakasih untuk beritanya!

    BalasHapus
  31. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali ..

    BalasHapus
  32. salam kenal, ditunggu informasi yang selanjutnya

    BalasHapus
  33. terimakasih admin informasinya, keren sekali, di tunggu informasi selanjutnya yah ,,

    BalasHapus
  34. Ijin menyimak artikel bermanfaat di situs ini gan.

    BalasHapus
  35. Mantap tenan. Makasih Pak, ini adalah salah satu situs favorit saya

    BalasHapus
  36. Semoga apa yang dikerjakan dengan situs ini selalu memberikan inspirasi dan motivasi yang bermanfaat

    BalasHapus
  37. terimakasih gan atas beritanya, berita ini sangat bermanpaat bagi saya

    BalasHapus
  38. banyak membaca bisa menambah pengetahuan terimakasih

    BalasHapus
  39. meskipun lagi lapar, tapi saya tetap semangat membaca artikel bapa ..

    BalasHapus
  40. Kita senang bisa berjumpa dengan anda, menarik isinya ..

    BalasHapus
  41. terimakasih untuk beritanya,mudah-mudahan berita ini berguna

    BalasHapus
  42. Informasi yang sangat menarik ya banyak ilmu baru yang bisa didapatkan, senang rasanya saya bisa berkunjung pada website ini

    BalasHapus
  43. informasi yang sangat menarik ya banyak ilmu baru yang bisa didapatkan, senang rasanya saya bisa berkunjung pada website ini

    BalasHapus
  44. Terima kasih untuk berbagi informasinya gan ..

    BalasHapus
  45. terima kasih untuk kabar terbarunya .

    BalasHapus
  46. share terus info yang lain nya dan bermanfaat ..

    BalasHapus
  47. terimakasih banyak untuk semua Info yang Sangat menarik sekali ..

    BalasHapus
  48. bermanfaat nih info info yang agan posting di webnya ...

    BalasHapus

[Aditmadzs]RULE :

[-] DONT SPAM
[-] DONT FLOOD
[-] BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI SILAHKAN BERKOMENTAR
[-] BEKOMENTAR HARUS BERHUBUNGAN DENGAN POSTINGAN
[-] BILA ANDA INGIN MENDAPATAKAN INFO DI BLOG INI SILAHKAN FOLLOW BLOG INI !
[-] GUNAKANLAH BAHASA YANG SOPAN
[-] FOLLOW THIS BLOG I WILL FOLLOWBACK !

Author/Admin : ᴰᴶAdityA

- Copyright © 2013 Aditmadzs - DRobani - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Redesigned by Indra Ahmad Robani -